Selamat Datang di Website Resmi Desa Mangguh, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Mangguh untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Mangguh meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa.

Artikel

Kegiatan Dari Puskesmas Tentang Posbindu dan Rabies

28 Juni 2023 12:05:41  admin-mangguh  284 Kali Dibaca  Berita Desa

Mangguh 27 Juni 2023

Kegiatan Puskesmas di Desa: PTM Posbindu dan Rabies

Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) adalah lembaga kesehatan yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan masyarakat di tingkat desa atau kelurahan. Puskesmas memiliki peran yang sangat vital dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat di tingkat lokal. Di artikel ini kami akan membahas tentang beberapa kegiatan Puskesmas di desa yang penting yaitu PTM (Penyakit Tidak Menular Posbindu dan rabies.

 

1. PTM (Penyakit Tidak Menular):

Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyakit yang tidak secara langsung ditularkan dari orang ke orang melainkan lebih disebabkan oleh faktor gaya hidup dan lingkungan. Beberapa contoh PTM yang umum meliputi diabetes hipertensi (tekanan darah tinggi penyakit jantung stroke dan kanker. Puskesmas di desa memiliki peran penting dalam upaya pencegahan dan pengendalian PTM ini.

 

Kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas di desa terkait PTM meliputi:

 

- Sosialisasi dan edukasi: Puskesmas menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat desa tentang gaya hidup sehat pola makan yang seimbang pentingnya olahraga serta bahaya merokok dan minum alkohol.

- Deteksi dini: Puskesmas melakukan pemeriksaan kesehatan rutin seperti pengukuran tekanan darah gula darah dan kolesterol sehingga dapat mendeteksi adanya risiko PTM pada masyarakat desa.

- Penyuluhan: Puskesmas memberikan penyuluhan kepada masyarakat desa tentang cara menjaga kesehatan dan mencegah PTM melalui kegiatan seperti seminar lokakarya dan kelompok diskusi.

- Pengaturan pola makan: Puskesmas memberikan informasi dan bimbingan kepada masyarakat desa tentang pola makan sehat dan pengaturan nutrisi yang tepat.

 

2. Posbindu (Pos Pelayanan Terpadu):

Posbindu adalah salah satu program yang dilakukan oleh Puskesmas di desa untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi. Program ini bertujuan untuk melakukan pemantauan terhadap kesehatan masyarakat secara teratur dan menyeluruh.

 

Kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas di desa terkait Posbindu meliputi:

 

- Pemeriksaan kesehatan rutin: Puskesmas melaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin bagi masyarakat desa seperti pengukuran tekanan darah berat badan tinggi badan serta pemeriksaan lainnya sesuai kebutuhan.

- Edukasi kesehatan: Puskesmas memberikan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat desa tentang pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan rutin di Posbindu.

- Pemberian vaksinasi: Puskesmas juga memberikan vaksinasi kepada masyarakat desa seperti vaksinasi anak-anak imunisasi dewasa dan vaksinasi khusus sesuai dengan program nasional.

 

3. Penanggulangan Rabies:

Rabies (penyakit anjing gila) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang bisa menyerang sistem saraf. Penularan rabies biasanya melalui gigitan hewan yang terinfeksi terutama anjing dan kucing.

 

Kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas di desa terkait penanggulangan rabies meliputi:

 

- Vaksinasi anjing dan kucing: Puskesmas melakukan kegiatan vaksinasi massal kepada hewan peliharaan khususnya anjing dan kucing untuk mencegah penularan rabies.

- Edukasi dan sosialisasi: Puskesmas menyebarkan informasi tentang cara pencegahan rabies kepada masyarakat desa seperti menghindari kontak dengan hewan liar atau yang dicurigai terinfeksi rabies serta melaporkan kejadian gigitan hewan kepada pihak berwenang.

 

Demikianlah beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas di desa terkait PTM Posbindu dan penanggulangan rabies. Melalui upaya ini diharapkan kesehatan masyarakat desa dapat terjaga dan ditingkatkan. Masyarakat juga diimbau untuk aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Puskesmas demi kesehatan mereka sendiri dan lingkungan sekitar.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:122
    Kemarin:161
    Total Pengunjung:161.107
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.192.44.30
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Desa Mangguh, Kintamani, Bangli
Desa : Mangguh
Kecamatan : Kintamani
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 80652
Telepon :
Email : admin@mangguh.desa.id