Selamat Datang di Website Resmi Desa Mangguh, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Mangguh untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Mangguh meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa.

Artikel

Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat(PHBS) di SDN Mangguh melalui Kegiatan KKNT Desa Mangguh

25 Juli 2023 04:28:00  admin-mangguh  172 Kali Dibaca  Berita Desa

Halo, teman-teman pembaca!

Pada hari selasa tanggal 25 Juli 2023, Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha yang melaksanakan kegiatan KKNT (Kuliah Kerja Nyata Terpadu) Desa Mangguh dengan salah satu proker yang bertujuan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan fokus pada sanitasi dan hygiene pada siswa. Kegiatan ini dilakukan di SD Negeri Mangguh, sebuah sekolah di daerah kami yang memiliki potensi untuk memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Dalam masyarakat kita, penting untuk menyadari bahwa perilaku hidup bersih dan sehat adalah aspek penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, melibatkan anak-anak sejak dini adalah langkah yang bijaksana untuk menciptakan generasi yang sadar akan pentingnya PHBS. Kegiatan ini dimulai dengan pembekalan tentang PHBS kepada siswa-siswa SD Negeri Mangguh. Materi yang disampaikan meliputi pentingnya mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan lingkungan, memilah dan membuang sampah dengan benar, serta menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi. Para mahasiswa dari Universitas Pendidikan Ganesha memberikan contoh-contoh praktis tentang cara-cara melakukan PHBS ini agar mudah dipahami dan diikuti oleh siswa.

Setelah pembekalan, dilakukan kegiatan interaktif seperti permainan edukatif dan drama pendek yang menekankan pentingnya PHBS. Dengan cara ini, siswa tidak hanya mendengar informasi, tetapi juga langsung terlibat dalam proses belajar yang menyenangkan. Melalui kegiatan ini, siswa lebih memahami betapa pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri. Selain itu, para mahasiswa dari Universitas Pendidikan Ganesha juga membantu mengidentifikasi masalah-masalah kebersihan dan sanitasi di lingkungan sekolah. Mereka memberikan saran dan solusi untuk perbaikan, seperti memasang tempat sampah di setiap kelas, memperbaiki fasilitas sanitasi yang rusak, dan memberikan edukasi secara rutin tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Dampak positif dari kegiatan ini sudah mulai terlihat. Siswa-siswa SD Negeri Mangguh semakin rajin mencuci tangan sebelum dan setelah makan, serta setelah menggunakan fasilitas sanitasi. Mereka juga lebih sadar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini memberikan perubahan positif tidak hanya bagi kesehatan mereka sendiri tetapi juga bagi lingkungan sekolah dan desa secara keseluruhan. Kegiatan PHBS ini bukan hanya berdampak pada siswa-siswa SD Negeri Mangguh, tetapi juga bagi mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha. Mereka mendapatkan pengalaman berharga dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, mengatasi masalah di lapangan, serta meningkatkan keterampilan sosial mereka.

Sebagai kesimpulan, kegiatan KKNT Desa Mangguh yang berfokus pada PHBS di SD Negeri Mangguh merupakan langkah positif dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di kalangan siswa. Melibatkan masyarakat secara aktif dalam upaya ini adalah kunci untuk mencapai hasil yang berkelanjutan. Mari kita lanjutkan semangat ini dengan berbagai upaya kecil dalam kehidupan sehari-hari kita, untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berdaya guna bagi kita semua.

 

 

 

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:118
    Kemarin:123
    Total Pengunjung:134.991
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.175.201.191
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Desa Mangguh, Kintamani, Bangli
Desa : Mangguh
Kecamatan : Kintamani
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 80652
Telepon :
Email : admin@mangguh.desa.id