Selamat Datang di Website Resmi Desa Mangguh, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Mangguh untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Mangguh meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa.

Artikel

Profil Desa

29 Juli 2013 17:46:44  admin-mangguh  1.142 Kali Dibaca 

Desa Mangguh, yang terletak di Kintamani selatan, menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan kearifan lokal yang melekat kuat. Berbatasan dengan Kabupaten Gianyar, desa ini memiliki luas wilayah sekitar 2,13 kilometer persegi, menjadikannya bagian berharga dari kekayaan budaya dan alam Kabupaten Bangli.

Lokasi Strategis

Dengan jarak sekitar 7 kilometer dari Kecamatan Kintamani dan 30 kilometer dari Kabupaten Bangli, Desa Mangguh terletak secara strategis sebagai bagian penting dalam kehidupan masyarakat sekitar. Posisinya yang berbatasan dengan beberapa desa lain memberikan kontribusi pada keragaman kultural dan ekosistem di wilayah tersebut.

Kearifan Petani Jeruk

Masyarakat Desa Mangguh menggantungkan hidup pada pertanian, khususnya di bidang perkebunan jeruk. Keuletan dan ketelatenan para petani jeruk di desa ini tidak hanya menciptakan mata pencaharian, tetapi juga menandai simbol kesejahteraan bagi komunitas Mangguh.

Kesejahteraan dan Pendidikan

Partisipasi aktif warga dan dukungan pemerintah setempat terlihat dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pendidikan. Pembangunan infrastruktur seperti jalan desa, tempat ibadah, dan pusat pendidikan mencerminkan komitmen terhadap perkembangan positif. Prioritas pada pendidikan tercermin pada semangat generasi muda Mangguh untuk mengejar tingkat pendidikan lebih tinggi.

Keindahan Alam

Desa Mangguh tidak hanya memikat dengan kehidupan masyarakatnya, tetapi juga dengan keindahan alamnya. Pesona pegunungan Kintamani, termasuk Gunung Batur yang megah dan Danau Batur yang tenang, menyatu harmonis dengan kehidupan sehari-hari warga Mangguh.

Kearifan Lokal dan Tradisi

Mangguh mempertahankan kearifan lokal dan tradisi yang kaya. Upacara adat, kesenian tradisional, dan kegiatan keagamaan menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat, menjadikan desa ini bukan hanya tempat tinggal, tetapi juga kawasan yang hidup dengan warisan budaya yang dijaga dengan bangga.

Pariwisata Berkelanjutan

Dengan potensi pariwisata yang tinggi, Desa Mangguh berupaya menjaga kelestarian lingkungan dan budaya. Kolaborasi antara warga dan pemerintah setempat penting untuk menjaga keseimbangan ini. Pariwisata yang berkelanjutan dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat dan memicu perkembangan ekonomi lokal.

Kesimpulan

Desa Mangguh, Kintamani, Bangli, adalah cerminan keindahan alam dan kearifan lokal yang dijaga dengan penuh dedikasi oleh masyarakatnya. Dengan menjaga keberlanjutan dan keberagaman, Desa Mangguh tetap menjadi destinasi yang berharga bagi generasi-generasi mendatang untuk menikmati.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:132
    Kemarin:123
    Total Pengunjung:135.005
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.175.201.191
    Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Desa Mangguh, Kintamani, Bangli
Desa : Mangguh
Kecamatan : Kintamani
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 80652
Telepon :
Email : admin@mangguh.desa.id