Selamat Datang di Website Resmi Desa Mangguh, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Mangguh untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Mangguh meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa.

Artikel

Pembuatan Eco Enzim

07 Maret 2023 11:29:52  admin-mangguh  235 Kali Dibaca  Berita Desa

Pada tanggal 3 Maret 2023, Pemerintah Desa Mangguh bersama BPD dan PKK Desa Mangguh melakukan aksi nyata dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di Kabupaten Bangli dengan membuat eco-enzyme untuk danau Batur. Dalam kegiatan ini, perangkat desa dan PKK Desa Mangguh membawa buah-buahan dan sayuran yang tidak terpakai dari rumah masing-masing untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan eco-enzyme.

Berdasarkan data yang diperoleh, pada kegiatan ini berhasil dibuat sebanyak 1000 liter eco-enzyme oleh perangkat desa dan 300 liter oleh PKK Desa Mangguh menggunakan kurang lebih 6 tong. Setelah bahan-bahan terkumpul, Pemerintah Desa Mangguh, BPD, dan PKK Desa Mangguh memulai proses pembuatan eco-enzyme dengan cara mencampurkan buah-buahan dan sayuran yang telah dipotong ke dalam wadah yang telah disiapkan. Selanjutnya, gula dan air ditambahkan ke dalam wadah dengan perbandingan 1:3:10 dan diaduk dengan baik menggunakan pengaduk kayu atau plastik. Setelah itu, campuran didiamkan selama tiga bulan dan diaduk setiap seminggu sekali.

Setelah tiga bulan, eco-enzyme disaring dengan menggunakan kain atau saringan kopi untuk memisahkan cairan eco-enzyme dari sisa bahan organik. Eco-enzyme kemudian disimpan dalam botol atau wadah yang kedap udara dan disimpan di tempat yang sejuk dan gelap.

Eco-enzyme yang dihasilkan kemudian dibagikan kepada masyarakat setempat untuk digunakan sebagai pembersih rumah tangga dan pupuk organik. Selain itu, eco-enzyme juga digunakan untuk membersihkan limbah organik di sekitar danau Batur.

Dengan kegiatan ini, Pemerintah Desa Mangguh bersama BPD dan PKK Desa Mangguh dan masyarakat setempat berhasil menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di sekitar danau Batur dan mengurangi polusi air dan udara yang dapat merusak ekosistem di daerah tersebut. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan melakukan aksi nyata dalam menjaga keberlangsungan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:73
    Kemarin:118
    Total Pengunjung:140.725
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.139.238.76
    Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Desa Mangguh, Kintamani, Bangli
Desa : Mangguh
Kecamatan : Kintamani
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 80652
Telepon :
Email : admin@mangguh.desa.id